Merry Riana, dkk. - 100 Billionaire Mindset

Wednesday, July 05, 2017

Akhir-akhir ini gua semakin akrab dengan literatur mengenai self development. Mulai dari The Seven Habits of Highly Effective People karangan Stephen R. Covey; How To Be Interesting karangan Jesica Hagy; bahkan karangan anak negeri seperti Chairul Tanjung si Anak Singkong. Dalam buku tersebut, metode penulis memberi mindset ke pikiran pembaca sangatlah epic. Makanya, gua tidak pernah bosan mengeksplorasi literasi tersebut.

Manfaat kita membaca buku self-help, pandangan kita semakin luas. Selain itu, kita juga paham mindset-mindset orang sukses.

Kali ini gua akan review buku self development yang judulnya adalah 100 Successful Billionaire Mindset. Buku ini ditulis oleh 100 tokoh sukses yang ingin berbagi pengalamannya dalam meraih kesuksesan. Berawal dari 100 kisah tokoh dikumpulkan menjadi sebuah buku.

Noh penampakan depannya
Di cover belakangnya tertera daftar penulis buku ini

100 orang tersebut tergabung dalam komunitas Billionaire Mindset, salah satu anggotanya adalah Merry Riana. Tujuan mereka menciptakan buku ini adalah supaya banyak orang yang termotivasi untuk sukses. Simple, but the way it’s delivered is unique

Memang buku ini adalah buku self-defelopment, namun tidak fokus di situ saja. Ada unsur lain seperti kiat bisnis, kisah sukses, dan motivasi hidup dalam buku ini. Penyajiannya story telling yaitu dengan memaparkan cerita pengalaman (terkadang argumen), lalu didukung oleh saran atau tips.

Secara fisik buku ini terlihat tebal, menggoda kalian yang haus akan tips-tips sukses. Tebalnya sekitar ¾ dari Buku Pintar pada umumnya. Buku terbitan Growing Publishing ini berisi 448 halaman. Di cover belakang, terdapat sinopsis buku serta daftar nama pengarang. Buku ini bisa didapatkan di toko buku Gramedia dengan kisaran harga 100ribu. Toko online juga bisa (buku gua harganya 45ribu dari toko papatlimo45 via tokopedia).

Gua menghabiskan buku ini sekitar satu hari. Seru, banyak pelajaran dan ilmu yang gua dapat. Sesuai dengan taglinenya, seakan-akan gua sedang menguak rahasia pola pikir milyader sukses Indonesia.
Buat yang gemar buku self-development yang cenderung mendoktrin, buku ini tidak cocok untuk kalian. Dalam buku ini terdapat kisah dan tips sukses dari beberapa tokoh seperti Merry Riana, Andrie Wongso, Ade Rai, dkk. Simply purpose, to motivating.

Beberapa poin-poin penting dari buku ini gua highlight supaya mudah dilihat kembali. Berikut kutipannya:

Tak masalah 1000 orang meremehkan kita, itu hal yang biasa, tapi kalau kita meragukan kemampuan diri sendiri, itu baru binasa!” (Andrie Wongso, hal 20)

Success is my right! Sukses adalah hak saya, hak anda, dan hak siapa saja yang menyadari, menginginkan, dan memperjuangkan dengan sepenuh hati.” (Andrie Wongso, 22)

Emas adalah emas. Emas nilainya tidak berubah sekalipun ia tidak dihargai, tidak diperhatikan, diludahi, diinjak-injak atau dibakar sekalipun. Emas adalah emas.” (Jarot Wijanarko, 55)

Tidak ada yang muncul menjadi bagian dari pengalaman anda kecuali jika anda memanggilnya melalui pikiran secara terus menerus” (The Secret dalam Rinny Sunaryo, 92)

…… (dst.)

Masih banyak kutipan-kutipan yang lain.

Bagaimana dengan kiat bisnisnya? Ada juga, kok, contohnya:

Ketika seorang penjual terlalu cepat melakukan rekomendasi/presentasi produk tanpa mendengar apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen, maka hal ini bisa menjadi bumerang bagi sang penjual karena akan membuat konsumen merasa dipaksa dan akhirnya kehilangan respek. (Adriano Giovani, 115)

Kutipan diatas diperoleh Andriano dari pengalamannya sendiri. Cerita bermulai ketika menjadi konsumen perawatan kendaraan, lalu bermasalah dengan sang montir dari dealer. Ia belajar bahwa kesalahan penjual yang banyak terjadi adalah memprioritaskan kepentingannya. Padalah hal yang paling penting adalah kebutuhan konsumen. Then came him statement same as above.

Tidak hanya motivasi dan kutipan saja, beberapa pengarang juga memberi ilustrasi (gambar atau skema) untuk lebih memahamkan pembaca. Sebut saja Galatia Chandra. Sales opertion manager PT Kalbe ini memberi tips manajemen sistem disertakan gambar, grafik, dan pola/bagan.

Ada ilustrasinya juga

Keren punya, deh....
Sebagian besar, sih, berupa poin-poin dan penjabarannya seperti gambar berikut.

Poin 1, poin, dst.....

Gua tertarik dengan tulisannya Tom Mc-Ifle yang berjudul “Tiga Rahasia Bisnis yang Tidak Didapat di Sekolah”. Beruntung rasanya mendapatkan ilmu dari tulisan tersebut. Dalam tulisannya, niat, tambang emas, dan komunikasi adalah faktor yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis.

Pada tiba di bagiannya Merry Riana, ada tiga hal penting yang gua kutip. Vision, Action, dan Passion. Menurutnya, manusia bisa bermimpi apa saja, karena semua yang bisa kita khayalkan adalah sesuatu yang bisa mungkin kita gapai—kekuatan dan kepintaran adalah modal, tapi tidak ada yang lebih dahsyat dari keberanian dan ketekunan.

Oh iya, buku ini juga mengandung kiat-kiat berinvestasi. Di dalam buku ini menjelaskan bahwa salah satu penyebab mundurnya hasil investasi adalah kemalasan belajar dari sang investor. Padahal sang investor wajib banyak belajar supaya bisa menganalisa keadaan sekitar yang mempengaruhi pergerakan investasi. But, I’m forget his writter name. 

Masih banyak sekali ilmu dan manfaat dari membaca buku ini. Untuk merasakan manfaatnya, buku ini harus dibaca konsisten. Boleh jeda, asal tidak berlarut-larut, ya.

Untuk kalian yang mungkin ragu membelinya, jangan ragu! Gua jamin, harga yang tertera pada cover buku tidak ada apa-apanya dibandingkan manfaat dari membaca buku ini. Ayo, beli buku ini. Jangan lupa, versi originalnya, ya.

Oh iya satu lagi, intinya dari membaca buku ini adalah implementasi. Teori yang teman-teman dapatkan di buku ini tidak akan berguna jika hanya dibaca saja namun tidak ada pelaksanaanya. Semoga setelah membaca buku ini, teman-teman termotivasi dan segera mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari..

Yeah, salam sukses…

Baca Juga Tulisan Ini

0 KOMENTAR

Terima kasih sudah membaca tulisan Peter. Peter menunggu komentar, kritik dan saran untuk kemajuan blog ini. Jika tidak, mau sekedar aben dengan menulis nama, bisa kok. Ditunggu, ya.

Paling Laris Dibaca

Ikuti Peter, Yuk!

Komunitas Blogku